Jumat, 06 April 2012

menjadi kaya dari bisnis


MENJADI KAYA DARI BISNIS

            Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat bisnis anda berhasil yang pada akhirnya akan mengangkat seorang mahasiswa menjadi kaya. Anda boleh berpikir bahwa usaha tersebut adalah usaha kecil, saran saya jangan berkecil hati terhadap usaha kecil tadi. Yang kecil bisa menjadi besar. Oleh karena itu diperhitungkan bebrapa hal ini.

            Pertama, miliki tujuan dan visi yang jelas dari bisnis anda. Sederhana apapun bisnis, visi dan tujuan adalah sebuah amunisi yang bisa mendorong anda untuk menjalaninya. Mulai dari tujuan atau visi yang kecil juga tidak menjadi soal, toh seiring berjalannya usaha, anda pasti akan memiliki tujuan yang lebih besar. Janganlah sekedar jalan tanpa tujuan. Perjalanan tanpa tujuan itu sia-sia.
            Kedua, adalah kontinuitas dalam menjalankan bisnis. Bertahan dan berusaha berkembanglam dalm proses bisnis anda. Jangan menyerah pada keadaan walaupun terkadang tampak sulit. Ritme bisnis tidak selalu menunjukkan grafik yang baik, ada kalanya dia mengalami penurunan bahkan tidak menghasilkan. Itu wajar. Bisnis seperti mendaki gunung. Tidak selalu gunung itu terlihat menanjak, terkadang ada permukaan yang menurun dan harus anda melewatinya terus menerus berjalan menuju puncaknya. Berbisnis tentunya bermain dengan grafik kemajuan dan penurunan. Kemampuan dalam mempertahankan dan mengembangkannya menjadi poin plus yang akan membawa keberhasilan usaha. Cobalah untuk mempertahnkan usaha anda karena kontinuitas itu penting untuk mempelajari setiap aspek dalam bisnis.
            Ketiga, control yang baik. Lihatlah usaha anda sebagai sebuah tanaman yang perlu dipelihara dan dipupuk jangan capur aduk urusan pribadi dengan urusan bisnis, jika tidak bisa mengontrol dengan bijak maka perjalanan usaha anda bisa dipertanyakan. Pisahkan hasil bisnis dengan keuangan pribadi anda. Bisnis punya liran keuangan tersendiri, jika anda ambil tiap hari untuk kepentingan keuangan sendiri, bisnis anda akan mengalami kebangkrutan. Control keuangan perlu untuk melihat apakah bisnis berjalan sehat atau tidak. Semakin baik control semakin baik pula kinerja usaha anda.
            Keempat, gunakan hasil usaha anda untuk pengembangan bisnis. Setidaknya gunakan 30% dari SHU bersih untuk menjamin keberlangsungan bisnis anda. Tanpa aloksi usaha untuk keberlangsungan bisnis, bisnis anda hanya akan diam ditempat. Ibarat uang simpanan dibank yang tidak bertambah., ia tidak akan bertambah jika tidak anda masukan dana baru. Bahkan pajak dan pemotongan lain bisa mengurangi nilai uang yang tersimpan. Demikian juga usaha, dai butuh kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Jika semua hasil anda bangkrut dan tidak dikembalikan sepersenpun maka dia akan menghukum anda dengan kepaitan.
            Kelima, untuk menjadi kaya lipat gandakan uang anda. Pekerjakan dia dalam bentuk investasi baru. Rahasia orang kaya salah satunya adlah memutar uang mereka untuk diinvestasikan kembali dibisnis yang lain. Mereka memiliki keranjang yang berada sebagai penghasil uang. Bola salju mereka menggelinding dan bergulin semakin besar. Awalnya modal mereka mungkin hanya satu juta, enam bulan kemudian menjadi dua juta, satu tahun kemudian menjadi lima juta, dua tahun kemudian menjadi sepuluh juta, dua puluh juta bahkan ratusan juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung