Jumat, 13 April 2012

agar tampil tenang, percaya diri dalam situasi apapun


AGAR TAMPIL TENANG, PERCAYA DIRI, DAN TERKENDALI DALAM SITUASI APAPUN

            Kepercayaan diri dan sikap menyenangkan merupakan dua hal yang seiring sejalan. Kita tertarik, kagum dan cenderung menyukai orang-orang yang tampak terkendali dan tenang. (kita pasti tidak tertarika pada orang yang minder). Meskipun teknik ini tidak memberi anda harga diri tetapi, teknik bisa membuat anda tampak , dan benar-benar merasa lebih tenang dan percaya diri.

            Hal pertama yang harus diperhatikan adalah aspek fisiologis dari kecemasan. Misalnya, ketika kita grogi sebelum berceramah atau menemui seseorang, kita umumnya tidak makan atau makan sesuatu yang salah. Setiap kali menelan makanan yang mengandung kadar gula tinggi atau karbohidrat murni (sulingan), tubuh kita menghasilkan adrenalin untuk mengatur kadar gula darah. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut menurunkan kadar gula darah sehingga tubuh kita menghasilkan adrenalin untuk mengimbangi fluktuasi. Adrenalinlah, factor utama dalam respons bertempur atau pun berlari. (respon yang cepat tanpa didasari nalar yang cukup, mengakibatkan anda cemas dan grogi. Itulah sebabnya mengapa orang yang terlalu menghindari makanan yang mengandung gula dan karbohidrat murni sering tampak grogi dan sangat tegang. Gangguan fisiologi.

            Pernahkah anda memerhatikan bahwa setelah makan banyak, anda merasa agak santai dan tenang? Hal ini dikarenakan kadar gula darah anda stabil sehingga tubuh tidak banyak menghasilkan adrenalin untuk mengimbangi fluktuasi. Namun, sebaiknya, anda memakan makanan yang tidak banyak mengalami proses penyulingan. Hal ini dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah dan membuat pikiran anda tenang, sehingga anda bisa berpikir lebih jernih.

            Aspek lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa tindakan-tindakan yang memperlihatkan bahwa anda tenang dan santai benar-benar dapat membuat anda merasa lebih tenang dan santai. Jadi, dengan melakukan perilaku tertentu dan menghindari perilaku lainnya, anda bisa mempertahankan ketenangan dan keseimbangan batin anda.

            Dengan mengubah keadaan fisiologi anda, anda sebenarnya bisa mengubah kimia otak anda. Misilnya berbagai penelitian menunjukkan bahwa ketika tersenyum, kita sesungguhnya sedang membuat suasana hati kita menjadi lebih baik. Kita semua tahu bahwa kita akan tersenyum bila hati kita senang, hal ini memang benar. Namun, ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa tindakan tersenyum itu sendiri bisa mengubah kondisi emosi anda.

            Ketika gelisah, kita cenderung menahan napas. Bernapaslah dalam-dalam dan teratur. Hal ini bisa menenangkan anda dengan cepat dan membuat anda mudah berpikir, bereaksi, serta berbicara dengan jelas dan percaya diri.

            Tahukah anda tanda-tanda orang yang gelisah dan tidak tenang?
Lihatlah dua tanda berikut. Jika dia tidak tersenyum dan bernapas dengan baik atau teratur berarti dia tidak setenang yang anda lihat! (anda bisa mengetahui kalau seseorang bernapas tidak teratur dengan memerhatikan apakah dia sangat sering mengambil napas yang dalam untuk memperoleh oksigen dengan cepat.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung