Selasa, 17 April 2012

cara cepat meredakan umpatan kemarahan orang

CARA CEPAT MEREDAKAN UMPATAN KEMARAHAN SESEORANG

            Jika anda menahan diri untuk tidak bersikap defensive, anda mungkin tekejut dengan apa yang akan terjadi. Daripada berkata, “megapa kamu memperlakukanku seperti ini?” lebih baik katakana saja “ kamu sepertinya mengalami hari yang buruk.”. daripada berkata, “aku tidak ada berbuat apa-apa, jadi jang berkata seperti itu kepadaku.” Katakan saja, “sepertinya ada sesuatu yang menggusarkanmu. Jangan terlibat dalam masalahnya. Itu adalah masalah dia, bukan masalah anda. Dinamika psikologi akan sangat berubah segera setelah anda menggunakan kata “aku” atau “ku”, karena masalahnya akan berada antara anda dan dia. Dengan menggunakan kata “kamu”, anda tidak memancing bola keluar dari lapangan sehingga masalah itu tetap menjadi miliknya.

            Disamping anda tidak menjadi gusar, anda kini memaksanya untuk berpikir dan bersikap defensive, karena dia harus menjelaskan tindakan-tindakan terhadap anda. Jangan memaksanya untuk mencari alasan yang mendukung klaimnya bahwa anda telah melakukan suatu kesalahan. Sebaliknya, tanyakanlah apa yang salah pada dirinya, bukan pada diri anda. Dan, biarkan dia menghabiskan waktunya untuk hal ini.

            Anda akan mendapati bahwa dengan tidak bersikap defensive, anda tidak akan gusar dengan kata-katanya karena kata-kata itu tidak ada hubungannya dengan anda, kecuali jika anda mencoba untuk turut ambil bagian dalam masalahnya dengan meladeni kata-kata itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung