Senin, 16 April 2012

CARA MEMBUAT ORANG MENGUTARAKAN APA YANG ADA DIPIKIRANNYA.


CARA MEMBUAT ORANG MENGUTARAKAN APA YANG ADA DIPIKIRANNYA.

            Upaya untuk mengetahui pikiran sejati orang memang tidaklah mudah, karena anda tidak mungkin langsung menyebut dia pembohong, dengan mengatakan bahwa dia berkata tidak jujur. Dalam menggunakan teknik, anda hanya perlu mengarahkan dia agar mau menyukai pikiran/orang, dan lain-lain.

            Begitu dia berkata bahwa dia menyukainya, jangan mendesak atau menekannya. Inilah kesalahan yang sering kita lakuakan. Kita biasanya mengatakan, “kamu yakin menyukainya? Kamu benar-benar menyukainya?” dia pun berkata, “ya, menurutku hal itu …” dia pun semakin kukuh dengan pendiriannya dan anda pun tidak dapat mengetahui pikiran dia yang sesungguhnya.

            Dalam menerapkan teknik ini, anda harus memastikan bahwa kata-kata yang anda gunakan menunjukkan bahwa anda sejalan dengan dia dan bahwa anda terbuka dengan masukan. Dia tidak akan segan mengajukan kritik karena dia merasa anda mengharapkannya.

Contoh 1
Anda tidak yakin apakah teman anda benar-benar menyukai strategi pemasaran baru yang anda gagaskan, sekalipun dia berkata dia menyukainya.
Pertanyaan    : apakah kamu menyukai konsep dari gagasan baruku?
Jawaban         : tentu, gagasan itu sungguh baru.
Pertanyaan    : oke, apa yang membuatmu menyukai gagasan itu?

Contoh 2
Anda ingan mengetahui apakah anak laki-laki anda ingin benar-benar berkemah pada liburan sekolah mendatang.
Pertanyaan    : apakah kamu senang dengan berkemah kita bulan depan?
Jawaban         : ya. Itu akan menyenangkan
Pertanyaan    : apa yang membuatmu benar-benar senang dengan kemah itu.

            Seperti yang bisa anda bayangkan, mereka semua tidak akan segan menjawab dengan jujur karena pertanyaan-pertanyaan anda menunjukkan anda sadar bahwa tidak ada sesuatu pun yang sempurna. Dengan tidak menfokuskan pembicaraan pada perasaan suka atau tidak suka mereka, jawaban mereka akan keluar secara alami sebagai uraian atas apa yang telah mereka katakana, dan sesungguhnya, apa yang ada dibenak mereka akan keluar begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung