Senin, 16 April 2012

AGAR SIAPA PUN MEMAHAMI APAPUN MAKSUD ANDA


AGAR SIAPA PUN MEMAHAMI APAPUN MAKSUD ANDA

            Pertama, dia harus mengetahui konteks informasinya. Untuk menjelaskan dengan mudah suatu masalah yang sulit dipahami, anda harus memberikan perspektif dengan pertama-tama menjelaskan gambaran besarnya.

            Berilah dia ikhtisar agar dia memahami konteks situasinya. Misalnya, anda bisa mendengar dan mengingat sebuah kalimat karena anda memahami maksdunya. Tetapi, sepuluh kata acak seperti kelelawar, pergi, terbang, bagaimana, untuk pemula, tidak pernah, panas, dahsyat, dan ayam jantan akan sulit diingat. Namun, sebuah kalimat jelas yang juga memuat sepuluh kata pasti akan lebih mudah diingat.

            Menjelaskan rincian dan seluk beluk tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa seseorang memahami konsepnya atau gambaran besarnya adalah seperti menta puzzle tanpa mengetahui terlebih dahulu gambarnya.

            Factor kedua dalam memastikan bahwa penjelasan anda akan dipahami terkait dengan harapan. Berbagai penelitian menunjukkan pentingnya peran harapan dalam pemahaman dan menghasilkan temuan-temuan.

            Ekspektasi kita dan ekspektasi orang lain sangat mempengaruhi cara kita mencerna informasi dan karenanya, mempengaruhi kinerja kita. Jika anda ingin seseorang memahami sesuatu, jelaskan konteks informasinya dan beritahulah bahwa anda berharap dia memahaminya. Selain itu, berikanlah motivasi positif yang bisa mempertahankan antusiasme dia untuk mempelajari dan memahaminya. Jika anda menerapkan pendekatan ini, anda bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam memahami, menggunakan, dan menangkap infoemasi yang anda berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung