Senin, 30 April 2012

cara mengetahui pikiran orang


CARA MENGETAHUI PIKIRAN ORANG

            Yang perlu anda lakukan adalah mengajukan pertanyaan yang nadanya tidak menuduh, melainkan menyinggung kepada seseorang. Lalu, hanya dengan menilai tanggapannya, anda bisa mengetahui apakah dia menyembunyikan sesuatu.

            Misalnya saja seorang wanita mencurigai bahwa suaminya selingkuh dengan sekretarisnya. Dengan santai, misalnya di waktu makan malam, wanita itu bisa berkata, “eh, kamu tau nggak, sayang? Bosku, pak anton kayaknya selingkuh dengan sekretarisnya, lho!” kini wanita itu tinggal mengamati reaksi suaminya. Jika suaminya mengajukan pertanyaan dan tertarik untuk membahasnya, wanita itu bisa memastikan bahwa suaminya tidak berselingkuh. Tetapi, jika suaminya tampak sangat tidak nyaman dengan perbincangan itu, maka kemungkinan suaminya berselingkuh. Dan, wanita itu akan mengetahui perubahan mendadak pada gerak-gerik dan sikap suaminya.

            Pada umumnya, ketika dihadapkan pada situasi seperti si wanita tadi, kita akan berkonfrontasi dengan orang yang sedang kita cemburui, dan, tentu saja, kita akan memosisikannya sebagai orang yang defensif. Jika kecemburuan/kecurigaan kita ternyata keliru, kita tampak paranoid atau pencemburu, dan hubungan kita bisa terganggu. Dengan teknik ini, kita bisa mengangkat topik pembicaraan tertentu dan mengetahui apakah dia merasa tidak terganggu dan tertarik untuk memperbincangkannya, tanpa harus mengajukan suatu tuduhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung