Rabu, 18 April 2012

betapa besar cinta itu

BETAPA BESAR CINTA ITU

            Pada jaman dahulu, ada sebuah pulau tempat berbagai perasaan tinggal; kebahagiaan, kesedihan, dan semua perasaan lannya termasuk cinta.

            Suatu hari ada sebuah pengumuman yang memeberitahukan semua perasaan bahwa pulau tempat tinggal mereka akan tenggelam, jadi mereka semua memperbaiki perahu-perahu mereka dan pergi. Cinta adalah satu-satunya perasaan yang tetap tinggal dipulau tersebut. Cinta ingin bertahan hingga momen akhir ketika pulau itu tenggelam. Lalu cinta memutuskan untuk meminta pertolongan.

            Kekayaan dengan menaiki perahu besarnya melewati cinta. Cinta berkata, “kekayaan, bisakah aku ikut denganmu?” kekayaan menjawab, “maaf, tidak bisa. Ada banyak emas dan perak diperahuku. Tidak ada tempat disini untukmu.”

            Cinta memutuskan minta bantuan pada kesombongan yang juga lewat dengan menaiki perahu yang sangat cantik. “kesombongan bolehkah aku ikut denganmu?” kesombongan menjawab, “aku tidak bisa membantumu, cinta. Kamu basah dan mungkin bisa merusak perahuku.”

            Kesedihan datang mendekat, lalu cinta juga meminta pertolongan kepadanya “bolehkah aku ikut denganmu?” kesedihan menjawab. Oh cinta, aku sendiri sedih menjadi diriku sendiri!” kebahagiaan juga lewat dihadapan cinta, tetapi ia terlalu bahagia sehingga tidak mendengar panggilan cinta.

            Tiba-tiba muncul suara, “mari cinta, aku akan membawamu.” Ternyata itu adalah suaru si tua. Cinta merasa sangat terbekahi dan merasa sangat senang sehingga ia lupa menanyakan nama si tua tadi. Dan ketika mereka sampai didaratan kering, si tua meneruskan perjalannya sendiri. Cinta yang menyadari betapa berhutang budinya pada si tua, bertanya pada ilmu pengetahuan, “siapa yang telah menolongku tadi?”
            “waktu,” ilmu pengetahuan menjawab. “waktu?” Tanya cinta. “tetapi mengapa waktu yang menolongku?” ilmu pengetahuan tersenyum bijaksana yang dalam.
 “karena hanya waktu yang bisa memahami betapa nyata cinta itu”

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung