Rabu, 04 Juli 2012

5 manfaat tomat untuk kesehatan anda


Selain segar, tomat juga kaya akan antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas. Antioksidan dalam tomat melawan dengan cara menyumbangkan electron kepada radikal bebas yang mengganggu kesehatan.
           
            Salah satu antioksidan yang terkandung dalam tomat adalah lycopene. Lycopene merupakan antioksidan penting yang membantu mencegah pembentukan sel kanker. Lycopene tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga tubuh membutuhkan pasokan lycopene dari makanan yang dikonsumsi. Buah tomat mengandung lycopene lebih banyak dari buah lainnya seperti wortel atau semangka.

1.     mencegah penuaan dini
dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah tomat dapat mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tomat juga mengandung asam sitrat yang dapat membuat kulit tampak lebih bersih dan segar.
2.     menurunkan kolesterol darah
asam nikotinat dalam tomat hadir untuk membantu anda mengurangi kadar kolesterol darah yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit jantung.
3.     menjaga level gula darah
tomat juga mengandung mineral penting yakni kromium. Kromium berguna untuk menjaga tingkat gula darah tetap stabil, sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.
4.     mengurangi efek merokok
mengkonsumsi tomat sangat dianjurkan bagi para perokok. Kandungan asam klotogenat dan asam coumaric membantu perokok memerangi karsinogen, yakni zat berbahaya dalam rokok yang dapat mengakibatkan kanker.
5.     menjaga kesehatan tulang
selain mengandung kromium, tomat juga mengandung mineral lain yang tak kalah pentingnya, yakni kalsium dan vitamin k. kedua nutrisi ini berguna untuk memperbaiki jaringan tulang yang rusak serta mencegah keropos tulang.

            Mulailah mengkonsumsi tomat dari sekarang, dan dapatkan segala manfaat hebat dari tomat bagi kesehatan anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung