Minggu, 04 November 2012

bangun pagi

            Boleh jadi, banyak orang kesulitan dan merasa tersiksa jika harus bangun pagi. Malas, berat, masih ngantuk, dan cenderung menarik kembali selimut untuk tidur lagi. Namun, orang-orang muslim telah terbiasa bangun pagi karena kewajiban menunaikan sholat subuh. Barangkali, sesekali saja bangun pagi telat.
            Padahal tidak ada ruginya bangun pagi. Mengapa? Karena ada banyak rahasia kehidupan dibalik kebiasaan bangun pagi. Kita akan mengawali hari dengan udara segar, berembun, disertai kicau burung. Ini menyehatkan tubuh, hati dan pikiran. Karena bangun pagi pulalah orang-orang yang bekerja, berdagang, berusaha dapat menyiapkan diri dengan matang guna mencari rejeki. Ya, banyak rezeki di pagi hari, sehingga orang yang bangun kesiangan sering disindir dengan ungkapan, “wah, rezekinya sudah dipatok ayam!” sebab ayam pun terbiasa bangun pagi.
            Artinya, kebiasaan bangun pagi itu membuka peluang bagi banyak kesuksesan hidup. Seorang lelaki pernah berkata, “jika saya harus memilih bangun pagi selagi ngantuk atau bangun siang segingga tidur lebih panjang, maka saya memilih bangun pagi. Saya dapat mengurus kebun kacang dan menjadi presiden !”
            Ya, lelaki tersebut adalah jimmy carter, presiden amerika serikat ke-39 yang juga pernah meraih nobel perdamaian. Ia sukses karena membiasakan diri untuk bangun pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung